Senin, 15 November 2010

Cara sederhana untuk pintar

Banyak cara ditempuh orang untuk menjadi pintar. Ada yang diminta makan inilah..., minum itulah....dsb.
Dengan mengkonsumsi sesuatu memang sangat berguna untuk kepintaran kita, tapi itu adalah hal yang
ke-2. Ada orang yang makanannya tidak bergizi malah lebih pintar dari kita.
Mengapa demikian? Itu adalah bukti bahwa makanan atau minuman yang kita konsumsi itu berada diurutan  ke-2, sebagai pendukung kita untuk pintar. Lalu apa urutan pertamanya? Urutan pertamanya adalah keinginan/ kemauan kita untuk belajar. Jika kita memiliki keinginan/ kemauan yang keras untuk belajar dengan sungguh-sungguh, maka kita akan semakin pintar, bukankah itu yang sering ditekankan oleh para guru?. Lebih baik lagi bila kemauan kita yang keras untuk belajar didukung oleh pola konsumsi yang baik.

Saat kita memiliki kemauan yang keras, maka otak kita meminta kita untuk segera mengisinya dengan ilmu yang kita ingini. Contohnya ; saat kita melihat iklan sebuah handphone, dan kita tertarik, maka kita memiliki kemauan untuk membacanya. Kita ingin tahu apa kelebihannya dan apa kekurangannya. Tanpa kita sadari, kita sudah belajar dan saat ada yang bertanya tentang hanphone itu, kita bisa menjawabnya dengan mudah.

Berikut ini cara sederhana:

- Buat diri kita tertarik saat melihat buku pelajaran. Bagaimana caranya? Caranya ingat orang yang anda sayangi (orang tua atau teman anda) dan tanamkan dalam hati anda bahwa anda, dikemudian hari mau membuat dia bangga .
- Baca buku yang ingin anda pelajari, secara perlahan dan dengan pikiran yang santai. Setelah selesai, ulangi kembali dari awal beberapa kali hingga anda merasa cukup karena sudah banyak yang ada dipikiran anda  
- Bila anda mulai bosan, anda bisa keluar rumah sejenak dan menikmati udara segar serileks mungkin sambil meminum segelas air putih. Setelah anda sudah rileks,  kembali kerumah dan mulailah membaca lagi.
 
Selamat mencoba...
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar